Belajar HTML part1 (Mengenal HTML)


HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan kode yang digunakan untuk menyusun sebuah webpage. HTML bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML hanya memiliki kode-kode yang digunakan menyusun sebuah webpage dalam bentuk tag (diapit oleh '<' dan '>'). HTML merupakan basic atau dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu bagi para web programmer ataupun web designer. HTML juga dapat diibaratkan sebuah kerangka penyusun website, Didalam masing-masing kerangka tersebut kita dapat meletakan script ataupun objek-objek. Saat ini HTML yang digunakan sudah sampai versi 4.01, akan tetapi tidak lama lagi akan muncul HTML 5 yang kabarnya bakal lebih dari sekedar penyusun kerangka webpage saja, yaitu memiliki fungsi built-in scripting. Ok, disini kita hanya akan membahas HTML versi 4.01 (ngapain bahas yg HTML 5? lha wong rilis aja belum :D ).

Sebelum mempelajari HTML itu sendiri ada beberapa hal yang perlu anda ketahui :
  1. HTML tidak bersifat case-sensitive, akan tetapi untuk membiasakan diri dengan standar yang akan dibuat kedepannya, biasakanlah menggunakan huruf kecil untuk menuliskan kode HTML tersebut.
  2. File HTML dapat disimpan dengan extensi .htm maupun .html, tapi sekali lagi untuk mempersiapkan standar kedepannya, biasakanlah gunakan extensi .htm, karena .htm memiliki sifat universal application extension (extensi yang terdiri dari 3 huruf).
  3. Sebuah tag mulai dalam setiap kode HTML dimulai denga 2 tanda siku → <> dan diakhiri dengan tanda → </>, pengunaan format ini lebih disarankan sekalipun anda dapat menyingkatnya dengan cukup menuliskan tag dalam tanda seperti ini </>.
Apa itu TAG??

Tag merupan kode penyusun HTML yang dituliskan dalam sebuah kurung siku seperti dijelaskan diatas. Setiap tag HTML dimulai dengan tanda → <> dan diakhiri dengan tanda → </>. Contoh :
<bold> Bold Text </bold>
Pada contoh diatas kita menggunakan tag bold untuk menebalkan huruf/text yang bertuliskan 'Bold Text'. Seperti anda lihat diatas, penggunaan tag bold juga diakhiri dengan tag bold yang meiliki tambahan back-slash yang menandakan tak penutup. Dalam setiap tag HTML anda dapat menambahkan atribut agar tag yang anda gunakan dapat memenuhi kebutuhan anda. Misalanya anda ingin membuat sebuah text beruliskan 'coba lihat saja' dengan jenis huruf verdana, ukuran font 4 dan berwarna merah, maka anda dapat memanfaatkan tag <font> dan mengkostumasinya dengan merubah nilai atribut yang dimiliki tag tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut :
<font face=”verdana” size=”4” color=”red”> coba lihat saja </font>
Seperti anda lihat, disana kita menggunakan tag font dan mengcostumize atribut face, size dan color.
Struktur Dasar HTML
Sebuah file HTML minimal memiliki tag html dan body sebagai penyusunnya. Akan tetapi untuk praktik yang baik, minimal kita gunakan tag html, head, title dan body sebagai penyusun sebuah file html.Lalu apa kegunaan dari tag-tag tersebut??
    <html>
    
adalah tag dasar/root dari sebuah file html untuk menyatakan dimulainya kode html itu sendiri.
    <head>
    
adalah tag yang berisi info tentang file html itu sendiri diletakan.
    <title>
    
adalah tag yag digunakan untuk mendefinisikan title atau judul sebuah file html.
    <body>
    
adalah tag dimana anda meletakan berbagai macam tag-tag html lainya ataupun sekedar text biasa yang akan kita sajikan atau kita tampilkan.
Berikut contoh sebuah file HTML yang sederhana :
<html>
<head>
<title> Cobalihatsaja Webpage </title>
</head>
<body>
Welcome to Cobalihatsaja.com
</body>
</html>
Editor
Untuk membuat sebuah file HTML anda tidak memerlukan editor khusus, akan tetapi cukup menggunakan text editor biasa (contoh : Notepad (Windows) dan Kate (Linux Kubuntu) ). Sesungguhnya banyak sekali editor HTML dari yang gratis maupun berbayar dengan menawarkan kemudahan menyusun sebuah file HTML tanpa perlu melakukan coding, akan tetapi alakngkah lebih baiknya kita mempelajarinya benar-benar dari dasar HTML itu sendiri, yang pastinya akan banyak hal positif dan keuntungan yang kita dapatkan.
Sekian dulu ya….

sumber dari : www.cobalihatsaja.com



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management