Review Ubuntu 12.04 LTS Final



Akhirnya Ubuntu 12.04 LTS final dengan kode Precise Pangolin rilis pada tanggal 26 April kemarin. Walau telat saya akan sedikit berbagi tentang apa saja yang baru di ubuntu 12.04 LTS ini.
Proses penginstallan ubuntu 12.04 LTS tidak ada perbedaan berarti pada tampilan installernya karena masih menggunakan ubiquity installer, jadi bagi anda yang pernah menginstall ubuntu versi sebelumnya tidak akan merasa kebingungan waktu menginstallnya.

ubuntu installer
 Adapun untuk fitur baru di ubuntu 12.04 LTS akan saya bahas di bawah ini.

Perbaikan dan penambahan fitur pada unity

pada ubuntu 12.04 LTS performa unity ditingkatkan sehingga menjadi lebih enteng dan stabil. Warna background ubuntu dash dan background notification pun sekarang menyesuaikan dengan warna dominan pada wallpaper anda.
warna background dash dan notifikasi mengikuti warna wallpaper

Dan fitur baru lainnya pada unity adalah ditambahkannya lens baru pada dash ubuntu yaitu video lens yang memungkinkan anda pengguna ubuntu untuk mencari video di YouTube, Vimeo, Bing Video, local disk, dll hanya melalui dash ubuntu di dekstop anda.
Video Lens


Head-Up Display atau HUD

Salah satu fitur baru yang menarik dari ubuntu 12.04 LTS ini adalah fitur HUD. HUD adalah kombinasi antara search box dengan aplikasi. Adapun fungsinya mencari fungsi pada suatu aplikasi hanya dengan menekan tombol Alt. contoh misalnya saya ingin mencari fungsi bookmark pada Mozilla Firefox, saya tinggal menekan tombol Alt lalu mengisi search box dengan kata bookmark.
HUD


Privacy control terbaru

Dash ubuntu yang baru dan HUD menggunakan Zeitgiest Engine. Zeitgeist pada dasarnya adalah log global yang mencatat hampir setiap tindakan dalam desktop. Dan hal ini membuat para komunitas pengembang ubuntu khawatir kalau-kalau Zeitgiest Engine ini dimanfaat hacker untuk memata-matai pengguna ubuntu. Untuk itu dibuat lah fitur sejenis privacy manager agar hal tersebut tidak terjadi.

dengan fitur baru ini  pengguna dibebas untuk mengontrol semua log activity dari semua aplikasi sehingga membuat kita merasa aman untuk menggunakan ubuntu 12.04 LTS.

privacy manager


Perubahan default apps

Ubuntu kembali menggunakan Rhythmbox sebagai pemutar musik defaultnya setelah sempat digantikan oleh Banshee pada ubuntu 11.10. selain itu ubuntu menghapus Tomboy Note sebagai aplikasi defaultnya. untuk aplikasi office ubuntu mengupdate LibreOffice ke versi 3.5.2. dan terakhir adalah dimasukkannya Remmina sebagai aplikasi remote dekstop defaultnya. dan untuk aplikasi yang lain masih seperti ubuntu yang terdahulu, tidak ada perubahan.

Sebagai pengembang, Canonical tetap menghadirkan paket sistem operasinya agar memiliki ukuran yang bisa disimpan ke keping CD. Ubuntu 12.04 LTS versi desktop dan server (32-bit dan 64-bit) memiliki ukuran sekitar 700 MB. 

Bagi yang penasaran ingin mencoba, bisa mengunduhnya di http://www.ubuntu.com/download

1 komentar:

caddienafe mengatakan...

Evolution Gaming - Slots & Demo
Evolution Gaming is an online provider offering a varied game portfolio for both desktop and mobile gaming. The company also focuses on games from Do you offer 바카라사이트 any Evolution Gaming games?Why do 우리카지노 Evolution Gaming games have unique bonuses?

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management